Jumat, 22 Mei 2009

TIPS ISI BENSIN

Mengisi BBM bukan sekadar membawa mobil ke SPBU.
Ada hal-hal sederhana tapi amat berguna yang perlu kita perhatikan.
Berikut ini selengkapnya:

1. Jangan tunggu sampai BBM habis sama sekali. Biasakan untuk segera mengisi jika indikator sudah menunjukkan setengah kosong.

2. Biasakan untuk mengisi BBM pada sore atau malam hari, yang penting tidak pada saat terik matahari. Semakin panas cuaca, semakin banyak BBM yang menguap saat dituangkan ke dalam tangki.

3. Sebaiknya tunda dulu niat mengisi BBM jika SPBU tengah melakukan pengisian (loading). Hal ini untuk mengurangi risiko turut masuknya sisa-sisa atau endapan kotor tangki SPBU ke tangki BBM mobil kita.

4. Untuk mengurangi risiko dicurangi petugas SPBU, pilih SPBU yang banyak diantri angkutan umum. Karena route yang jelas, pengendara angkutan umum biasanya lebih mudah menghitung sesuai tidaknya BBM yang dibeli dan yang masuk ke dalam tangki.

5. Agar tidak terjadi kesalahan memasukkan jenis BBM (misalnya, seharusnya tangki mobil diisi solar tapi yang dimasukkan justru bensin), pastikan selalu Anda turun dari mobil dan berkomunikasi langsung dengan petugas SPBU tiap kali mengisi BBM. Potensi salah isi makin sering terjadi jika petugas SPBU tengah sibuk melayani konsumen, apalagi jika kita sendiri salah atau lupa dengan jenis BBM yang harus kita isi ke mobil yang kita kendarai.

Seperti biasa, daftar poin-poin di atas tentu masih mungkin untuk kita perpanjang. Bagi yang ingin berbagi pengalaman atau tips, kami persilakan.

Salam,
AstraWorld

Senin, 18 Mei 2009

UMPAN JITU

UMPAN TOMBRO [ IKUT LOMBA ]

6 Tongkol Jagung Muda/janten (diparut)
1 Ons Keju Kraft (diparut)
2 Kuning Telor Bebek mentah
1 Kuning Telor Bebek matang
0,5 Ons Kacang Tanah yang sudah disangan/digoreng ga pake minyak (diblender halus)
2 Ons Kroto Putih Segar
1 Kaleng Tuna
1 Helai Daun Pandan Wangi
2 Tetes Esens Almond
2 Tetes Esens Choya
1 Tetes Esens Tengiri

Cara :

Campurkan parutan jagung, keju. kacang tanah, kuning telor mentah, ikan tuna ambil kira-kira dua potong aja, terakhir ambil satu ons aja kroto, potongan daun pandan wangi campur jadi satu, trus diubleg aduk-aduk ampe rata, kemudian masukkan adonan kewadah plastic ato dibungkus daun terserah, tapi kalo menurut pengalaman aku lebih baik dibungkus daun pisang. Kukus ampe matang kira-kira dua jam, selama pengukusan jangan lupa dibolak balik agar matangnya bisa rata. Setelah matang dinginkan sebentar trus campur dgn 1 kuning telor bebek yang udah matang, terakhir kasih tetesan esen, campur lagi sampai pulen. Sebelum dipakai, umpan digulung-gulung dulu ama kroto yang sisa 1 ons tadi.


UMPAN BANDENG :

1. PELET KOI (yang berwarna merah)
disiram air panas terlebih dahulu agar tidak terlalu lembek.

2. PELET yang di campur URSAL
URSAL bisa didapat di toko pakan ternak, bentuknya cairan agak kental, warna kecoklatan dengan baunya yang minta ampun. Biasanya URSAL digunakan oleh peternak ikan bandeng untuk menambah nafsu ikan agar ikan lebih cepat besar. Nah, URSAL ini bisa digunakan untuk BOM supaya ikannya pada ngumpul dan nafsu makannya jadi menggila.

3. ROTI
Roti jangan terlalu kering, dipotong kecil2, bisa juga ditambahkan dengan sedikit terasi kemudian bentuk bulatan kecil (seperti pelet) seukuran matakail no.9. Kalo ngga mau repot, bisa juga pake kulit roti yg rada gosong, cuil sedikit terus masukkan ke mata kail.

Tipikal Ikan Bandeng mencaplok umpan
Ikan Bandeng yang berdomisili di kolam/empang mencaplok umpan +/- 10 s.d 15 cm dibawah permukaan air. Jam makan Pagi Hari: Jam 7.00 s.d 10.00 dan Sore Hari: Jam 15.00 s.d 18.00
Suka bergerombol (mirip orang mau demo atau seperti antri minyak tanah), suka berpindah-pindah tempat (traveling), jika siang hari ikan bandeng males makan, dan biasanya pada bergerombol didasar kolam.

note: dari sumber terpercaya

TALI TEMALI





Beberapa Cara mengikat kail yang aman.

Corbin Sparow



Manufacturer Myers Motors (formerly Corbin Motors) Production 1999–2003; 2005-Present; Class Battery electric microcar Body style(s) 2-door coupe (Pizza Butt)
1-door (Jelly Bean) Wheelbase 72 in (1829 mm ) Length 96 in (2438 mm ) Width 48 in (1219 mm) Height 57 in (1447 mm ) Curb weight 1350 lb (612 kg) Fuel capacity 6.24 kW•h

MARLIP [Buatan LIPI]



MINIMNYA cadangan bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia saat ini, mendasari para insinyur muda yang tergabung dalam Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membuat mobil listrik yang tak berpolusi dan hemat energi. Marmut Listrik LIPI (Marlip) merupakan mobil listrik kreasi putra bangsa yang benar-benar ramah lingkungan.
Ir Masrah MM adalah orang yang menemukan mobil listrik itu melalui berbagai penelitian yang dilakukannya sejak 1998. Biaya penelitian adalah kendala paling sulit yang dialami pria asal Makassar tersebut, untuk mengembangkan idenya. Dana dari LIPI yang tak begitu besar dimanfaatkan sebaik-baiknya.
Kemudian pada tahun 2001 hasil penelitiannya mulai memperlihatkan hasilnya, dan dia berhasil membuat prototipe mobil listrik dengan penggerak roda belakang. Guna menghindari pembajakan dan peniruan, Masrah telah mematenkan sistem penggerak ciptaannya. "Saya berharap Marlip bisa dinikmati masyarakat. Bayangkan bila mobil ini digunakan di jalan raya, tak ada lagi polusi, dan tidak perlu bingung terhadap stok BBM yang kian langka," katanya.
Beberapa tipe Marlip, yakni tipe wisata, smart car, city car, patroli polisi, linen, mobilisasi pasien, visitor, dan golf. Saat ini Marlip baru dipasarkan untuk lingkungan khusus, seperti rumah sakit, lapangan golf, dan mobil patroli polisi.
Polwiltabes Bandung dan Makassar telah menggunakan tipe Patrol untuk kegiatan patroli lambatnya. Selain itu, Kebun Raya Bogor, Sari Ater, dan Aa' Gym pun memakai Marlip. RS Kariadi dan Tugurejo Semarang telah memesan Marlip tipe mobilisasi pasien untuk kelancaran operasionalnya.
Dengan kisaran harga sekitar Rp 40 juta-Rp 60 juta memang masih cukup mahal untuk saat ini. Tapi bila dilihat dari kemudahan perawatan dan emisi buangnya nol, yang berarti tanpa polusi, bisa jadi Marlip akan menjadi pilihan masyarakat.
Marlip tipe Golfo menganut sistem motor penggerak roda belakang dengan enam buah baterai yang masing-masing berkekuatan 6 Volt dan 180 Ampere, serta mampu bertahan 7-8 jam dengan kecepatan maksimal 40 km/jam. Untuk tipe lainnya, dengan tiga baterai secara seri berkekuatan 12 Volt 200 Ampere.
Layaknya ponsel, bila baterai habis tinggal di- charge ke colokan listrik. Saat baterai benar-benar kosong, dibutuhkan kurang lebih empat jam untuk mengisi kembali.
Sistem pengeremannya menggunakan tipe drumbrake di empat rodanya, dibantu pengereman dari motor listrik yang secara otomatis akan melambat saat gas dikurangi. Yang lebih canggih lagi, yaitu sistem kontrol pada mobil ini, berfungsi mengatur tenaga yang digunakan sesuai dengan muatan atau kebutuhan motor penggerak.
"Jika banyak penumpang atau muatan, tenaga yang diberikan ke motor penggerak otomatis akan bertambah, begitu sebaliknya," tutur Masrah.
Saat Suara Merdeka mencoba tipe Golfo 330 LE usai seminar "Penanggulangan Emisi Gas Buang Melalui Inovasi Teknologi pada Dunia Otomotif" di Politeknik Negeri Semarang (Polines), Sabtu (2/6), kesan tenang sangat terasa. Hampir tidak ada suara yang ditimbulkan dari motor penggerak. Salah seorang mahasiswa Polines yang turut mencoba, juga heran. "Lo ini sudah nyala to, kok nggak ada suaranya."
Tipe Golfo 330 LE mempunyai daya angkut 4 orang, saat dicoba di kawasan Polines Tembalang 8 orang dewasa naik ke mobil. Saat melintas di tikungan dilanjutkan tanjakan sepanjang 100 meter dengan derajat kemiringan kurang lebih 35 derajat tanpa ancang-ancang, Golfo mampu mengatasinya. Per daun yang ditanamkan di empat rodanya dilengkapi dengan shock absorber pun lumayan lembut saat melintas di jalan tak rata.

Aixam 400



Aixam - Mega is a French automobile manufacturer based in Aix-les-Bains, Savoie. It was founded in 1983 to make microcars in the old Arola factory after that company failed.
In 1992 they started making a range of standard sized cars under the Mega brand, but by 2002 this brand was just being applied to a diesel and electric range [1] of microvans and light utility vehicles.
The company currently produces the Aixam A.7XX series (powered by Kubota diesel engines), a microcar comparable with the Smart. A notable difference is that some of the smaller models are restricted to 45 km/h (30 mph) and can be driven without a driver's licence in some European countries (including France, Italy, Portugal and Slovenia, but not the UK).
In Britain they are classified as a quadricycle (quad bike) because of their weight and power output. This requires either a full car licence or a full unlimited capacity motorcycle licence to legally drive them.
They can be thought of as a sort of modern "2CV", not fast (about 100 km/h or 60 mph ), but economical (often over 90 mpg or under 2.6 L/100km ), and with a roomy body made from a strong alloy frame covered with plastic panels (no rust). The low-emissions Kubota engines plus the automatic CVT transmission make them exceptionally "green" vehicles; and it is now possible to get various electric car versions.

Smart Forfour







Manufacturer Smart (Daimler AG) Production 2004–2006 Class Supermini Body style(s) 5-door hatchback Related Mitsubishi Colt.
It is powered by a turbocharged Mitsubishi 4G15 engine, developing 130 kW (177 PS; 174 hp), 27 PS (20 kW; 27 hp) more than the Mitsubishi Colt CZT. It can reach a maximum speed of 221 km/h (137 mph) and accelerate from zero to 100 km/h (60 mph) in 6.9 seconds.

Messerschmitt KR200



Manufacturer Regensburger Stahl- u. Maschinenbau, Regensburg, Germany Parent company MesserschmittAG (1955-1956)
Fahrzeug- und Maschinenbau GmbH, Regensburg (1956-1964) Also called Kabinenroller, Karo Production approximately 40,000 Predecessor Messerschmitt KR175 Successor None Class Microcar Body style(s) bubble-top coupé, convertible, or roadster; two seats in tandem. Layout RMR layout Platform Messerschmitt Kabinenroller Engine(s) Fitchel & Sachs two-stroke single cylinder, operable in both directions of crankshaft rotation Transmission(s) Four speeds forward or reverse (depending on engine rotation), sequential, unsynchronized. Wheelbase 79.9 in (202.9 cm) [1] Length 111.0 in (281.9 cm) [1] Width 48.0 in (121.9 cm)[1] Height 47.2 in (119.9 cm)[1] Curb weight 506 lb (229.5 kg) (curb)[1] Fuel capacity 3.5 US gal (13 L)